Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Kamis, 17 Maret 2011

Tugas PHP 3 - Lat 2 (Program Latihan OOP sederhana dan koneksi ke database)




Pada awal PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf, PHP hanya mendukung konsep pemrograman prosedural. Hingga PHP versi 4 pun masih berkonsep prosedural. Akhirnya diciptakanlah PHP versi 5 yang telah mendukung konsep orientasi objek (OOP).
Lantas apa kelebihan konsep orientasi objek dibandingkan prosedural ? Banyak sekali keuntungannya. Konsep orientasi objek mendukung pewarisan,selain itu konsep OOP berkemampuan untuk menggunakan nama variabel yang sama secara berulang-ulang. Itu sebabnya konsep OOP sangat bagus digunakan untuk proyek pembangunan web yang besar.

(http://adambimatara.blogspot.com/2009/10/belajar-php.html)

OOP dalam PHP hampir mirip dengan OOP pada java. Jika anda sudah pernah belajar java atau javascript, OOP dalam PHP tidak begitu bermasalah. OOP PHP berbeda dengan PHP struktural. Pada OOP kita bisa membuat sebuah class yang berisi semua fungsi-fungsi yang biasa digunakan untuk proses web, misalkan proses query database, proses login, proses regular expression dll.Ingat bahwa fungsi dalam OOP adalah method. Dari class tersebut bisa dibuat sebuah object yang memiliki semua method yang saya sebutkan tadi, proses query, proses login, proses reqular expression dll. Tambahan lagi, dengan menggunakan OOP, pembuatan program menjadi lebih mudah dan cepat begitu juga konsistensi program akan terjaga.

(http://bimoweb.com/pemrograman-oop-pada-php-part-i.html)



Berikut istilah-istilah yang biasa digunakan dalam OOP, sedikit saya rangkum sebagai langkah awal dalam memahami OOP.
Object :

Kumpulan Variabel dan Fungsi yang saling berkaitan
Class :

Adalah blueprint atau rancangan dari object. Jadi dari satu class bisa dibuat banyak object . Object adalah instance dari class.
Contoh : class = sepeda
Object = sepedaGunung, sepedaTandem
Polymorphism :

Berarti suatu benda seakan-akan mempunyai banyak bentuk. Dua objek atau lebih dikatakan polymorphic bila objek-objek itu mempunyai antar muka yang identik namun mempunyai perilaku yang berbeda. Muncul karena interaksi konsep inheritance dan dynamic binding.
Contoh : method sayHello() pada class dog, class cat atau class dog akan menghasilkan keluaran yang berbeda. dog = “guk..guk..” sedangkan cat = “miau..miau..”Jadi class yang berbeda dapat menjawab sebuah pesan yang sama, namun sesuai dengan kemampuan class tersebut.
Inheritance :

adalah pewarisan sifat, sebuah subclass akan mewarisi sifat dari superclass-nya. Subclass dapat melakukan override terhadap sifat dan kemampuan warisan superclass-nya.
Enkapsulasi :

Memastikan pengguna sebuah object tidak dapat mengganti keadaan dalam diri sebuah object dengan cara yang tidak layak, hanya method dalam object tersebut yang dapat diberi ijin untuk mengakses keadaannya.

Mari mulai dari awal dan pelajari konsep dasar. Awalnya, seorang developer PHP menuliskan coding mereka dalam bahasa prosedural. Pada koding semacam ini, Satu hal terjadi setelah hal lainnya dan hal paling menarik yang dapat terjadi adalah penyertaan file lain. Function tersebar disana-sini, dan kumpulan library dari function tersebut dapat membantu memindahkan sesuatu dengan lebih cepat. Ada keterbatasan pada jenis pemrograman seperti ini. Koding dengan cara prosedural cenderung ‘merepotkan’ bila bekerja dengan ‘large site’. Memindahkan sesuatu dengan bantuan include files dapat membantu, tapi bukan penyelesaian dari masalah.

OOP dapat membantu mengatasi semua kerepotan tersebut. Mari kita bicarakan tentang pengertian dari ‘object’ yang dimaksud dalam OOP. Object adalah kumpulan tipe variabel dalam PHP yang dapat melakukan banyak hal-hal menyenangkan ) Mereka (object) dapat dilewatkan from place to place sambil maintenace semua properti dan method yang mereka miliki di dalam diri mereka. Jika ini masih belum masuk akal buat anda, bertahan saja, saya akan membantu. Langkah pertama adalah mengetahui cara menciptakan sebuah objek milik anda sendiri!

(http://krida85.wordpress.com/2008/09/05/belajar-oop-di-php/)

# Anda dapat men-download latihan membuat program OOP sederhana pada alamat ini:
http://www.4shared.com/document/flsFyvco/Program_OOP_Sederhana__by_Yuli.html

0 komentar:

Posting Komentar